Bila Anda ingin pembaca membayangkan sesuatu, Anda bisa menggunakan bacaan deskriptif untuk menjelaskannya.
Agar lebih mudah mengenali descriptive text, Anda bisa memerhatikan struktur yang biasanya ada dalam bacaan tersebut, antara lain:
- Identifikasi: mengidentifikasi atau mengenali sesuatu yang akan dijelaskan.
- Deskripsi: menjelaskan hal tersebut berdasarkan bagian-bagiannya, kualitas, atau karakteristiknya.
Mari kita simak contoh descriptive text berikut ini.
MISS APRIL
Miss April is my English teacher in kindergarten and she teaches my class for a whole year.
Miss April wears square glasses and
always cuts her hair short. She’s very tall and very skinny. She says
she doesn’t like her skinny body but doesn’t know how to gain weight
either. She loves wearing sneakers to school, always wears polo shirt
and a pair of black pants. She has not married yet and doens’t have any
children on her own. She says that’s why she teaches kindergarten, so
that she can be near a lot of kids.
She is very smart and a very fun
teacher. She teaches us a lot of things from animals to house
equipments. She loves to play with us, teaches us new words, how to
spell the words that we just learn, and sometimes she brings her ukulele
to the class and sings us children songs, such as Itsy Bitsy Spider,
Twinkle-Twinkle Little Star, and If You’re Happy song.
Bacaan di atas merupakan deskripsi seorang murid akan gurunya yang bernama Miss April. Bila kita uraikan berdasarkan struktur descriptive text, maka:MISS APRIL | |
Identifikasi | Bu April adalah guru bahasa Inggris saya di taman kanak-kanak dan ia mengajar kelas saya selama sepanjang tahun. |
Deskripsi | Bu April mengenakan kacamata kotak dan selalu memotong pendek rambutnya. Ia amat tinggi dan amat kurus. Ia bilang bahwa ia tidak suka dengan tubuh kurusnya tapi ia juga tidak tahu bagaimana cara untuk bertambah gemuk. Ia suka memakai sepatu kets ke sekolah, selalu mengenakan baju polo dan sepasang celana panjang hitam. Ia belum menikah dan tidak memiliki anak. Ia bilang itulah yang membuat mengajar taman kanak-kanak, agar ia bisa dekat dengan anak kecil. Ia adalah guru yang amat pintar dan menyenangkan. Ia mengajari kami banyak hal mulai dari hewan hingga peralatan rumah. Ia suka bermain dengan kami, mengajari kami hal-hal baru, bagaimana mengeja kata-kata yang baru kami pelajari, dan ia kadang membawa ukulelenya ke kelas dan menyanyikan lagu anak-anak untuk kami, seperti Itsy Bitsy Spider, Twinkle-Twinkle Little Star, dan lagu If You’re Happy. |
Setelah contoh deskripsi mengenai seseorang, mari kita simak deskripsi mengenai tempat berikut ini.
MY FAVORITE ROOM
My favorite room in the whole world is my own bedroom in my parents’ house.
It has everything that I want in this
life: a comfortable bed that faces a wide window on the east side of
the room. So, when I wake up in the morning and swipe the window
curtain, the light of sunrise enters the room little by little, creates a
beautiful silhouette and warms the whole room. On the right corner of
room near the window, there’s a study desk that was once my father’s.
Next to that desk, there’s a white wardrobe where I put all of my
clothes.
In front of the wardrobe, at the
other side of the room, there’s a yellow bookshelf where I put half of
my book collection. I choose the collor yellow so it matches the collor
of my bedroom wall. Next to the bookshelf, I have a dressing table. And
next to that dressing table is where I put my guitar. It’s a
fifteen-year-old guitar but it still sounds great and I love it so much.
Bacaan di atas merupakan deskripsi seseorang akan ruangan favoritnya,
yakni kamar tidurnya sendiri. Bila kita uraikan berdasarkan struktur descriptive text, maka:MY FAVORITE ROOM | |
Identifikasi | Ruangan favoritku di seluruh dunia adalah kamar tidurku sendiri di rumah orangtuaku. |
Deskripsi | Di sana ada segalanya yang aku inginkan dalam hidupku: tempat tidur nyaman yang menghadap sebuah jendela lebar di sisi timur kamar. Sehingga, saat aku bangun di pagi hari dan menyibakkan tirainya, sinar matahari masuk ke dalam kamar sedikit demi sedikit, membentuk siluet yang cantik dan menghangatkan seluruh kamar. Di sisi kanan kamar di dekat jendela, ada meja belajar yang dulunya milik ayahku. Di sebelah meja tersebut, ada lemari pakaian putih di mana aku menaruh seluruh bajuku. Di depan lemari tersebut, di sisi lain kamar ini, ada sebuah rak buku kuning tempat aku menaruh sebagian koleksi bukuku. Aku memilih warna kuning agar cocok dengan warna dinding kamarku. Di samping rak buku tersebut ada meja rias. Dan di samping meja rias itulah aku menaruh gitarku. Gitar berusia 15 tahun yang masih bersuara bagus dan sangat kusayangi. |
- Fokus pada orang-orang yang secara spesifik terkait dalam tulisan.
- Gunakan simple present tense, tapi bila hal tersebut sudah tidak lagi ada maka gunakan past tense.
- Gunakan descriptive adjectives.
- Gunakan frasa nomina yang detil untuk menggambarkan subjek.
- Gunakan action verbs.
- Gunakan adverbia untuk memberi info tambahan tentang suatu perilaku.
- Gunakan bahasa figuratif atau perumpaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar