Sabtu, 03 Februari 2018

PRONOUN

Pronoun adalah kata ganti, yaitu kata yang digunakan sebagai pengganti kata benda (noun) sehingga kata benda tersebut tidak digunakan secara berulang-ulang. Kata ganti (pronoun) adalah kata-kata seperti he, she atau it, yang menggantikan kata benda. Ketika kamu mengetahui ada kata ganti dalam soal test TOEFL, periksalah bahwa ia berada di tempat yang benar sesuai fungsinya dalam kalimat  (misalnya: sebagai subjek atau objek). Periksa juga apakah ia telah sesuai dengan kata benda yang digantikannya.
Berikut beberapa masalah kata ganti benda (pronoun) yang paling umum ditemui dalam tes TOEFL.
  1. Membedakan kata ganti subjek dan objek.
  2. Membedakan kata ganti kepemilikan benda dan kepemilikan sifat.
  3. Memeriksa kesesuian rujukan kata ganti benda yang digantikannya.
Baiklah, mari sekarang kita bahas tentang pronoun ini. Agar mudah difahami, perhatikan contoh kalimat berikut:
- Diana studied very hard, but she couldn’t pass the exam.
- I told Daisy that I like her.
Bandingkan dengan kalimat dibawah ini:
- Diana studied very hard, but Diana couldn’t pass the exam.
- I told Daisy that I like Daisy.
Setelah mengamati contoh-contoh di atas dapat terlihat dengan jelas bahwa keberadaan pronoun atau kata ganti ini mendukung keefektifan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.
Pronoun atau kata ganti dapat diklasifikasikan ke dalam 8 kelompok, yaitu:

1. Personal Pronoun (Kata Ganti Orang)

Personal pronoun atau kata ganti orang merupakan kata ganti yang digunakan untuk menggantikan nama orang, binatang, atau benda. Personal pronoun dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
  • Kata ganti orang pertama (first person pronoun), yaitu kata ganti yang menunjuk pada pembicara (speaker) dalam suatu konteks kalimat. Yang termasuk kata ganti orang pertama, yaitu: I/me, we/us. Kata ganti I/me digunakan untuk menggantikan orang pertama tunggal (singular), sedangkan we/us merupakan kata ganti orang pertama jamak (plural), dimana pembicara (speaker) tidak hanya menunjuk pada dirinya sendiri.
  • Kata ganti orang kedua (second person pronoun), yaitu kata ganti yang menunjuk pada pendengar (listener) atau orang yang berbicara dengan pembicara (speaker) dalam suatu konteks kalimat. Yang merupakan kata ganti orang kedua adalah You. Dalam bahasa Indonesia, kata you dapat berarti “kamu” atau “kalian”. Ini berarti bahwa kata ganti you ini dapat digunakan baik untuk menggantikan orang kedua tunggal maupun orang kedua jamak.
  • Kata ganti orang ketiga (third person pronoun), yaitu kata ganti yang menunjuk pada orang, hewan, atau benda yang dibicarakan oleh orang pertama dan orang kedua. Yang termasuk kata ganti orang ketiga yaitu:
- he/him: dia (orang laki-laki)
- she/her: dia (orang perempuan)
- it: dia (hewan/benda)
- they/them : mereka
Di antara kata ganti diatas, they/them merupakan kata ganti orang ketiga jamak, sedangkan he/him, she/her, dan it merupakan kata ganti orang ketiga tunggal.
Sementara itu, berdasar fungsinya dalam kalimat, personal pronoun dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
=> Nominative pronoun
Nominative pronoun yaitu bila personal pronoun berfungsi sebagai subyek dalam sebuah kalimat.
=> objective pronoun
Objective pronoun yaitu bila personal pronoun berfungsi sebagai obyek dalam sebuah kalimat.
Umumnya bentuk personal pronoun yang digunakan sebagai subyek berbeda dengan bentuknya sebagai obyek. Namun kata ganti you dan it tidak mengalami perubahan bentuk baik digunakan sebagai subyek maupun sebagai obyek. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel personal pronoun di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar