Rabu, 31 Januari 2018

Cara Membentuk Verb + ing (Present Participle)

Pembentukan Verb + ing - Belajar Grammar Bahasa Inggris pada kesempatan kali ini membahas mengenai cara pembentukan Verb + ing yang sering kali kita bingung menambahkan akhiran (suffix) -ing pada verb (kata kerja). Tidak semua verb (kata kerja) bisa langsung ditambahkan akhiran (suffix) -ing, seperti kata "start" mendapat akhiran -ing menjadi "starting", terdapat beberapa verb (kata kerja) yang tentunya mengalami perubahan setelah mendapat akhiran (suffix) -ing.


Verb (kata kerja) akan mengalami perubahan atau tidak ketika mendapat akhiran (suffix) -ing tergantung huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut. Berikut penulis kelempokan perubahan verb (kata kerja) setelah mendapat akhiran (suffix) -ing berdasarkan huruf akhir dari verb (kata kerja) tersebut.  Semoga Bermanfaat. Check this out!!!

1. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf vocal (huruf hidup) 

a. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf vocal (huruf hidup) yang mana huruf vocal (huruf hidup) pada verb (kata kerja) tersebut boleh dibaca seperti pada kata go, do, dan be (ketiga verb tersebut huruf akhirnya boleh dibaca ketika kita mengucapkannya) mendapat akhiran -ing tanpa adanya perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                                -ing                                                              
Go Going
Do Doing
Be Being
See Seeing
Agree Agreeing
Free Freeing

b. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf vocal (huruf hidup) yang mana huruf vocal (huruf hidup) pada verb (kata kerja) tersebut tidak boleh dibaca seperti pada kata hope, date, dan injure (ketiga verb tersebut, huruf akhirnya tidak boleh dibaca ketika kita mengucapkannya) mendapt akhiran -ing dengan menghilangkan huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                                       -ing                                                      
Hope Hoping
Date Dating
Injure Injuring

2. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) 

a. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) tersebut terdiri dari satu suku kata (one-syllable), seperti pada kata stop, rob, dan beg, mendapat akhiran (suffix) -ing dengan menambahkan huruf consonant (huruf mati) yang sama pada akhiran verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                                       -ing                                                                  
Stop Stopping
Rob Robbing
Beg Begging

Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana didahului oleh dua huruf vocal (huruf hidup) seperti pada kata rain, fool, dan dream, dan untuk verb (kata kerja) yang yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) -W dan -X seperti pada kata plow, dan fix mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                                             -ing                                                                      
Rain Raining
Fool Fooling
Dream Dreaming
Plow Plowing
Fix Fixing

b. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) tersebut terdiri dari dua suku kata atau lebih (two-or-more-syllable), seperti pada kata listen, offer, dan open, medapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 



Verb                                          -ing                                                            
Listen Listening
Offer Offering
Open Opening

Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf consonant (huruf mati) yang mana verb (kata kerja) terseebut terdiri dari dua suka kata atau lebih (two-or-more-syllable) yang mendapat tekanan pada huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut ketika dibaca, seperti pada kata begin, prefer, dan control, mendapat akhiran (suffix) -ing dengan menambahkan huruf consonant (huruf mati) yang sama pada akhiran verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                        -ing                                                          
Begin Beginning
Offer Offerring
Control Controlling


3. Verb (kata kerja) yang berakhiran dua huruf consonant (mati) 

Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran dua huruf consonant (mati) seperti pada kata start, fold, dan demand mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                            -ing                                                               
Start Starting
Fold Folding
Demand Demanding

4. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -Y 

Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -Y seperti pada kata enjoy, pray, dan buy mendapat akhiran (suffix) -ing tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. 

Contoh:
Verb                                                 -ing
Enjoy Enjoying
Pray Praying
Buy Buying
Study Studying
Try Trying
Reply Replying

5. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -IE 

Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -IE seperti pada kata die, dan lie mendapat akhiran (suffix) -ing dengan merubah -IE menjadi -Y. 

Contoh:
Verb                                                        -ing
Die Dying
Lie Lying



Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas tentang Pembentukan Verb + ing, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari penjelasan di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share (bagikan) ke teman-teman lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

*Referensi:
Azar, Betty Schrampfer. 2002. Understanding and Using English Grammar. New York: Longman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar