Rabu, 31 Januari 2018

VERBS

Penjelasan Verbs (Kata Kerja): 

Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, & Posisi

Verbs (Kata Kerja) - Selain Nouns (kata benda), Verbs juga memiliki perant vital dalam suatu kalimat bahasa Inggris. Sah atau tidaknya suatu kalimat menyaratkan adanya nouns dan verbs. Untuk itu mempelajari apa itu Verbs di rasa sangat perlu dalam belajar bahasa Inggris. Nah di bawah ini Media Belajar Bahasa Inggris akan mencoba untuk menghadirkan penjelasan mengenai apa itu verbs, jenis-jenis verbs, posisi dan fungsi verbs secara lengkap untuk sobat semua. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Verbs

"Verb is the most complex parts of speech." Itu adalah perkatan Marcella Frank dalam bukunya Modern English Grammar. Yup, verbs merupakan part of speech paling ruwed. Kenapa dibilang verbs ruwed karena fungsi verbs dalam suatu kalimat dapat menentukan jenis kalimat apa itu - stetements, questions, commands, exclamations. Tidak cuma itu, bentuk verbs juga variatif yang mana bisa dipengaruhi oleh pelaku, jumlah dan waktu yang digunakan. Tapi sebenarnya apa sih Verbs itu?? Verbs adalah salah satu dari parts of speech yang menjadi central core (bagian inti) dari suatu kalimat yang berfungsi untuk menunjukan suatu tindakan dari subject (pelaku), menunjukan peristiwa atau keadaan.


B. Jenis-jenis Verbs

Berdasarkan compliment (pelengkap) dari verbs tersebut, verbs dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Predicating atau Linking Verbs
Predicating merupakan jenis kata kerja 'action' atau kata kerja yang membutuhkan tindakan. Contoh:
  • The babies cry.
  • She wrote a letter.
  • I remember him.

Sedangkan linking verbs merupakan kata kerja penghubung antara subject dan compliment atau pelengkapnya. Contoh:
  • The girl is pretty.
  • She is a pretty girl.

2. Transitive and Intransitive Verbs
Singkatnya, transitive verbs adalah kata kerja yang membutuhkan suatu object sedangkan intransitive verbs merupakaan kata kerja yang tidak membutuhkan adanya suatu object dalam suatu kalimat. Perhatikan contoh berikut ini:
  • He is reading a book.
  • He is walking in the park.

Contoh a. menujukan adanya suatu transitive verbs (reading) yang membutuhkan adanya suatu object yaitu a book. Sedangkan pada contoh b. menunjukkan adanya intransitive verb (walking) dengan tidak ada object yang menyertai. Prase 'in the park' pada contoh b. bukanlah merupakan object, prase tersebut hanya merupakan adverb of place (kata keterangan tempat).





Berdasarkan bentuknya, Verbs dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Auxiliary Verbs (Lexical Verbs)
Auxiliary verbs disebut juga sebagai kata kerja bantu yang digunakan untuk menambah (1) element struktural seperti tense, voice, mood and aspect atau menunjukan suatu pertanyaan dan bentuk negatif atau (2) auxiliary verbs juga digunakan untuk menunjukan ability, possibility atau necessity. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa baca artikel lanjutan tentang Auxiliary Verbs dan Modal Auxiliary Verbs.

2. Finite and Non-finite (infinite) Verbs
Finite dan Non-finite verbs ditentukan oleh fungsi dari masing-masing verbs dalam suatu kalimat. Finite verbs adalah kata kerja yang berperan sebagai kata kerja penuh dalam suatu kalimat baik dengan atau tanpa auxiliaries (kata kerja bantu). Bentuk finite verbs bisa berubah tergantung pelaku, jumlah, waktu, dan lain-lain. Contoh:
  • I am eating burger now.
  • She eats burger everyday.
  • She ate burger last week.

Ketiga contoh di atas menunjuka eating, eat, dan ate adalah finite verb. Perhatikan juga bentuk finite verbs terseubt berubah ketika ada perubahan pada subject, jumlah dan waktu dalam kalimat tersebut.

Sedangkan Non-finite verbs meruapakan verbs yang berfungsi sebagai pelengkap bukan sebagai kata kerja inti dalam suatu kalimat. Biasanya non-finite verbs ini berbentuk to-infinitive (to go, to read, to eat) dan kata kerja bentung -ing dan -ed (going, eating, talked). Contoh:
  • He likes to eat humburger.
  • He likes eating humberger.

C. Fungsi Verbs

Di bagian pengertian verbs di atas sebenarnya sudah dijelaskan fungsi verbs dalam suatu kalimat. Verbs bisa berfungsi sebagai penghubung antara subject dan complement/pelengkapnya, verbs juga berfungsi sebagai kata kerja untuh dalam suatu kalimat. Fungsi verbs begitu basic dimana fungsi-fungsi yang lain seperti subject, object, dan compliment di tentunkan dalam hubunganya dengan verbs itu sendiri.

D. Posisi Verbs

Verbs biasanya digunakan setelah subeject (pelaku) atau sebelum object atau pelengkap dalam suatu kalimat. Dalam beberapa hal, Verbs juga bisa muncul sebelum subject jika kalimat tersebut berbentuk pertanyaan (Questions). Perhatikan contoh berikut ini:
  • I eat candies.
  • He is a teacher.
  • Do they study the lesson?

Contoh a. menunjukan posisi verbs yang terletak sebelum subject (I) dan sebelum object (candies). Pada contoh b. telihat posisi Verbs terletak sebelum complement/pelengkap (a teacher) yang menerangkan subject (he). Sedangkan untuk contoh c. Verbs terletak sebelum subject (they) dalam sebuah kalimat pertanyaan.

Semoga artikel tersebut di atas tentang Penjelasan Verbs (Kata Kerja) bisa membantu pemahaman sobat mengenai kata kerja bahasa Inggris (verbs). Artikel tersebut diatas masih jauh dari kata sempurna, untuk itu kritik dan saran sobat terhadap kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan akan sangat berarti untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya juga ya. Terima kasih ^^ English is Fun ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar